Arti Tanda Centang Pada Wa Terlengkap Serta Cara Non-aktifkan

Arti tanda centang WA – WhatsApp adalah aplikasi chatting terbaik dan populer di Indonesia. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengetahui status pesan dengan tanda centang. Tanda tersebut menandakan sudah dikirim, sudah dibaca, diterima dan dibaca oleh penerima.

Namun, kadang masih banyak yang kurang mengerti tentang tanda centang WA. Agar Anda tidak bingung atau tidak terjadi miskonsepsi. Berikut beberapa arti tanda jam, centang satu, dua dan centang biru pada WhatsApp.

Arti Tanda Centang Pada WhatsApp

arti tanda centang wa whatsapp

1. Arti tanda jam

Tanda ini berbentuk jam dinding. Banyak orang yang menyebutnya jamkot yang memiliki arti jam kotak. Ini diartakan sebagai pesan sedang dikirim pada server WA. Lamanya perubahan tanda ini bergantung pada kecepatan internet dan ukuran file yang Anda kirimkan.

Baik video, foto, audio dan pesan teks semua akan mengalami tahap ini. Jika pesan Anda langsung centang satu atau dua. Berarti Anda memiliki koneksi sinyal yang baik. Namun, jika sebaliknya, memiliki arti sinyal Anda sedang buruk dan perlu dikirim ulang nantinya.

2. Arti tanda centang satu

Tanda centang satu memiliki arti bahwa pesan sudah terkirim dan sampai pada server WhatsApp, namun belum pada penerima. Server WhatsApp merupakan perantara pengirim dan penerima pesan.

Berikut beberapa penyebab status pesan WA Anda centang satu:

  • Ponsel penerima mematikan sambungan ke internet
  • Penerima sedang tidak membuka WA
  • Penerima tidak mengaktifkan ponselnya
  • Aplikasi WA tidak berjalan di sistem latar
  • Aplikasi WA Anda atau penerima belum diperbaharui
  • Anda telah di blokir oleh penerima pesan

3. Arti centang dua abu-abu

Centang dua abu-abu artinya pesan Anda sudah sampai pada ponsel penerima. Namun, ini bukanlah tanda pesan Anda sudah dibaca oleh penerima. Bisa saja ia belum cek HP atau mengabaikan pesan Anda.
Sementara itu, kalau tanda centang dua abu-abu pada grub, artinya pesan Anda sudah dilihat oleh anggota grub.

4. Arti centang dua biru

Tanda terakhir adalah centang dua biru. Tanda ini memiliki arti pesan Anda sudah diliat atau dibaca oleh penerima. Namun, tanda ini tidak berlaku pada grub chat.

Perlu Anda tahu, bahwa seorang pengguna WA bisa saja mematikan tanda centang dua biru. Jadi meski centang dua abu-abu bisa saja artinya telah dibaca.

Baa Juga: GB WhatsApp

Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru

cara menghilangkan tanda centang biru

Kalau Anda ingin non-aktifkan tanda centang berikut langkah sederhananya:

  • Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • Pilih setelah
  • Pilih akun
  • Selanjutnya privasi
  • Dan matikan ikon laporan dibaca
  • Selesai

Kemungkinan Alasan Orang Mematikan Tanda Centang Biru

  1. Malas untuk berinteraksi lebih

Sebagian orang pasti memiliki banyak pesan baik dari grub maupun personal. Banyaknya chat yang masuk ini membuat seseorang malas untuk menjawabnya. Apalagi jika tidak terlalu penting. Oleh karena itu banyak orang berasalan untuk mematikan tanda centang biru.

  1. Introvert

Orang yang mematikan tanda centang biru biasanya memiliki sifat kurang terbuka atau introvert sehingga malas untuk berinteraksi lebih dekat dengan seseorang lewat chat.

  1. Menghindari seseorang tertentu

Banyak orang mematikan tanda laporan dibaca untuk menghindari seseorang. Baik teman, pacar atau mantan pacar. Hal ini bertujuan agar tetap bisa membaca tanpa ketahuan.

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang tanda centang pada WhatsApp. Semoga bermanfaat!