Reboot Adalah ? Cari Jawaban Lengkapnya Disini

Ekonomi.co.id – Pengguna android pasti pernah menemukan istilah Reboot di hapenya. Reboot adalah proses yang bisa menghilangkan seluruh kerja sistem, komponen, dan juga aplikasi yang sedang dijalankan.

Sebenarnya istilah reboot ini sudah ada sejak jaman dulu. Mungkin perkiraan sejak adanya komputer jadul, istilah ini sudah umum digunakan. Namun, akhir-akhir ini kata reboot mulai kembali ngetrend dan menjadi perbincangan banyak orang.

Sebab, reboot digunakan pada sistem andoid yang hampir digunakan oleh setiap masyarakat. Berikut penjelasan reboot secara detail.

Pengertian Reboot

pengertian Arti Reboot Android

Seperti yang sudah dibahas tadi, reboot berfungsi untuk menghentikan segala kegiatan pada handphone. Sebagai contoh, jika sebuah handphone manyala, setidaknya ia mengoperasikan beberapa hal seperti aplikasi, sistem jaringan dan wifi serta komponen yang lainnya.

Selanjutnya, jika Anda melakukan reboot handphone. Maka seluruh kerja android yang sedang berjalan tersebut akan berhenti secara otomatis.

Proses kerja reboot

  • Anda menekan tombol reboot
  • Android akan menghentikan segala kerja sistem
  • Android juga membatalkan proses yang tertunda
  • Resource dari processor akan sedikit mengurang
  • Processor memastikan tidak ada proses yang berjalan
  • Proses ulang kembali dilakukan
  • Sistem akan dimuat processor dan RAM
  • Sistem memulai kembali aplikasi dan memuat semua sistem yang dibutuhkan
  • Handphone Anda bisa dipakai kembali

Perbedaan Reboot dengan Restart

Banyak orang bertanya-tanya apakah restart dan reboot itu sama? Jawabannya iya. Bisa dibilang reboot adalah nama lain restart. Keduanya memang sama-sama berasal dari Bahasa Inggris. Restart adalah memulai ulang sengakan reboot adalah proses memuai sistem.

Umumnya, setiap android menggunakan bahasa yang berbeda. Ada yang menggunakan istilah reboot dan ada yang menggunakan restart.

Intinya, restart mengembalikan sistem pada semula, sedangkan reboot memulai sistem kembali. Kalau reboot hanya memulai ulang tetapi reset atau restart menghapus semua sistem dan mengembalikannya pada semula.

Fungsi Reboot Pada Handphone Android

Selain menghentikan segala sistem kerja, ternyata reboot juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mengatasi eror

Reboot bisa menghilangkan eror pada HP seperti tidak bisa menyala.

  1. Mengatasi HP lemot

Masalah umum yang biasanya terjadi pada HP adalah lemot. Nah, dengan roboot masalah ini bisa dioptimalkan kembali.

  1. Membersihkan memori

Ketika Anda melakukan reboot, RAM Anda bisa sedikit lega setidaknya berkurang 20-30 persen.

  1. Bisa mengatasi aplikasi yang eror

Anda pasti pernah mengalami aplikasi eror setelah di instal. Maksudnya tidak bisa beroperasi dengan baik. Solusi untuk permasalahan tersebut, Anda bisa mencoba melakukan reboot pada HP.

  1. Digunakan untuk mengecek suatu jaringan

Jika Anda mengalami kendala jaringan seluler atau data internet, seperti tidak berjalan normal dan tidak bisa diakses. Anda bisa melakukan reboot pada HP.

  1. Melakukan refresh pada HP

Jika ponsel Anda telah menyala beberapa lama dan berhari-hari belum dimatikan. Anda bisa melakukan reboot untuk merefresh HP Anda kembali.

Selain itu, jika ada sesuatu yang eror pada sistem. Anda bisa melakukan reboot.

Nah, itu dia pengertian tentang reboot adalah dan penjelasan lengkapnya. Selain pada sistem bawaan pada android. Reboot juga bisa Anda download di playstore. Sekarang Anda tak perlu bingung lagi apa perbedaan reboot dan restart. Semoga bermanfaat!